Skip to main content

RTQ

RTQ (Rumah Tahfidz Qur’an Al-Muhajirin)

PENGANTAR

Alqur’an adalah kitab suci yang wajib diimani oleh umat islam, sebagai tuntunan dan petunjuk hidup. Membacanya saja dinilai ibadah dan berpahala apalagi membaca dengan benar sesuai ilmunya, menghafalkannya, mentadabburinya dan mengamalkannya.

Keberadaan Masjid Almuhajirin selain sebagai tempat beribadah Sholat berjama‟ah juga difungsikan sebagai sentra pembinaan dan pengkaderan umat islam agar tercipta pribadi-pribadi muslim yang beriman dan bertaqwa berlandaskan tuntunan atau pedoman Alqur‟an dan Sunnah Nabi shalallahu‟alaihi wassalam.

Kegiatan pembinaan yang ada saat ini sebagian besar sifatnya adalah pengajian atau taklim dengan mendengarkan ceramah dari para ustadz, baik yang rutin maupun yang insidentil. Belum ada kegiatan ataupun program yang spesifik untuk belajar dan mengajarkan Alqur’an secara teratur dan terprogram khususnya belajar tahsin dan tahfidz Alqur’an untuk semua kalangan dari usia anak-anak hingga orang tua sehingga tercipta lingkungan masyarakat yang cinta Alqur’an.

Untuk itulah kami berniat dan berikhtiar dengan mengharapkan ridho Allah ‘Azza Wa jalla membuka program atau lembaga yang kami namakan “RUMAH TAHFIDZ QUR‟AN AL MUHAJIRIN”

VISI RTQ AL MUHAJIRIN

“Membangun masyarakat yang cinta Qur’an”

MISI RTQ AL MUHAJIRIN

  • Menjadi lembaga yang terpercaya dalam membimbing dan mengajarkan Alqur’an
  • Menjadi lembaga pengkader huffadz (penghafal qur’an)
  • Menjadi inspirator dan penggerak kampanye “one home one hafidz”
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan Alqur’an dan Ilmu Syariat baik yang formal maupun informal
  • Membentuk generasi penghafal Alqur’an yang berilmu dan
    berakhlaq mulia.

PROGRAM-PROGRAM RTQ AL MUHAJIRIN

Tahsinul Qur’an : Program untuk mengajarkan Alqur’an bagi santri pemula atau yang belum bisa membaca Alqur’an maupun yang sudah bisa namun belum lancar dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid

Tahfidzul Qur’an : Program untuk membantu dan membimbing santri baik anak-anak hingga orang tua, laki-laki maupun wanita agar dapat menghafalkan alqur’an hingga target maksimal 30 juz dengan bacaan yang baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid dan qiraat.