Skip to main content

Menunggu Ceramah Pak Ustadz Sampai Selesai

Menunggu Ceramah Pak Ustadz Sampai Selesai

Suatu malam. Pak ustadz menyampaikan materi ceramah di suatu masjid. Malam sudah semakin larut saja. Namun. Pak Ustadz belum juga menunjukkan tanda-tanda untuk mengakhiri ceramahnya.

Karena waktu sudah menunjukkan Pukul 22.00. karena sudah mengantuk. maka satu-persatu jamaah yang mendengarkan ceramah Pak Ustadz keluar dan pamit pulang ke rumah-nya masing-masing.

Hingga waktu menunjukkan pukul 23.00. barulah akhirnya Pak Ustadz mengakhiri ceramahnya. Namun hal yang tidak disangka-sangka, ternyata masih ada seorang anak muda yang tampaknya masih dengan setia walaupun sedikit terkantuk-kantuk mendengarkan ceramah Pak Ustadz semenjak selesai Shalat Isya kurang lebih Pukul 19.30 tadi.

Di dalam hatinya, Pak Ustadz mengakui keteguhan hati Sang Anak Muda tersebut.

Selesai berceramah, Pak Ustadz mengajak ngobrol anak muda tersebut: “Pak Ustadz sangat mengagumi keteguhan hati kamu untuk duduk berlama-lama mendengarkan ceramah dari awal hingga akhir. Pak Ustadz akui kalau kamu orang yang benar-benar beriman, karena biarpun ceramah Pak Ustadz sudah tiga jam lebih. kamu tetap mengikutinya dengan baik. sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan jamaah-jamaah yang lain…!”

Dengan agak malu-malu Sang Anak Muda menanggapi pujian Pak Ustadz: “Begini Pak Ustadz. sebenarnya sih dari selesai shalat isya tadi, saya mau langsung pulang. Tapi, karena sajadah milik bapak saya yang saya pakai sekarang terduduki oleh Pak Ustadz, saya akhirnya harus sabar menunggu sampai ceramah Pak Ustadz berakhir,,,!”

Pak Ustadz, ” Ya Allah, ya Rabbi, kenapa nggak bilang dari tadi.” Pak Ustadz sambil tepok jidat dan langsung pamit pulang.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *